EMPAT LAWANG - Jumlah kelurahan di Kecamatan Tebing Tinggi akan segera dilakukan penambahan. Jika sebelumnya hanya mempunyai dua kelurahan, direncanakan dalam waktu dekat dibentuk tiga kelurahan baru. Hal ini terungkap dalam pertemuan yang dilakukan Selasa (12/10), dihadiri lebih kurang 30 orang dari setiap perwakilan desa yang terkait dalam perencanaan penambahan kelurahan.

Rencanaan pembentukan tiga kelurahan baru diantaranya kelurahan Tanjung Makmur, Tanjung Kupang, dan kelurahan Kupang. Dari dua kelurahan sebelumnya yakni kelurahan Pasar dan kelurahan Jaya Loka. Dengan demikian kelurahan kecamatan Tebing Tinggi menjadi lima kelurahan. Menurut Asisten I Empat Lawang, Basri Soni mengatakan, pada 2009 lalu telah direncanakan untuk melakukan pembentukan tiga kelurahan dan baru dilaksanakan pada 2010.

“Rencanakan pembentukan tiga kelurahan baru ini, dipengaruhi jumlah penduduk, setidaknya mencapai 2.500 jiwa lebih,” ungkapnya, Selasa (12/10).

Dikatakannya, melalui musyawarah dengan Lades, BPD, pemuka masyarakat maupun pemuka agama, maka akan mendapatkan hasil akhir keputusan yang jelas. Selain itu, dengan mufakat bersama akan segera diajukan ke Bupati Empat Lawang untuk disetujui.

“Alhamdullilah, saat ini masyarakat banyak yang setuju,” ujarnya.

Ditambahkannya pembentukan kelurahan baru bukan berarti menghapuskan adat setiap desa, namun untuk mempermudah pemerintah dalam melayani masyarakatnya. “Dengan adanya kantor lurah, pegawainya juga harus ada dari pagi sampai sore jadi tidak menghambat keperluan warga dalam berurusan,” imbuhnya.

Kepala Bapeda Empat Lawang, Burhansyah mengatakan, saat pembentukan kelurahan sudah menemukan hasil kesepakatan bersama maka segera dilakukan usulan ke bupati. Dalam pengrekrutan personil untuk menjadi pegawai kelurahan yang baru, namun setelah musyawarah untuk membahas batas wilayah setiap kelurahan, dan melakukan pemetaan. “Jika semua sudah selesai maka kami dapat segera melakukan pengajuan alokasi pegawai ke Bupati Empat Lawang,” pungkasnya. (K-3)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

    ARSIP BERITA