337 Pelajar SMP Terima BSM Pusat

Senin, 25 Oktober 2010

EMPAT LAWANG- Sedikitnya 337 siswa sekolah menengah pertama (SMP) menerima beasiswa dari pemerintah pusat pada 2010-2011. Beasiswa itu terdapat pada program Bantuan Siswa Miskin (BSM) menggunakan anggaran pemerintah pusat. Hal ini dikatakan Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Empat Lawang, Saiful Effendi melalui Kasi Kurikulum Jhonson, kepada wartawan koran ini, Jumat (22/10). “Saat pengusulan siswa yang mendapatkan beasiswa dari kepala sekolah. Kemudian kita kirimkan datanya ke pemerintah pusat,” terangnya.

Dijelaskannya, proses pencairan anggaran beasiswa langsung diberikan dari pemerintah pusat melalui Dinas Pendidikan provinsi Sumsel dan masuk ke rekening masing-masing pihak sekolah. Kemudian dari pihak sekolah memberikannya kepada siswa yang bersangkutan. “Jangan sampai beasiswa tersebut dilakukan pemotongan oleh pihak sekolah. Bila ada informasi yang menyebutkan terjadi pemotongan beasiswa, maka pihaknya tidak segan-segan untuk turun ke lapangan,” jelas Jhonson seraya mengatakan pencairan anggaran beasiswa BSM itu sebesar Rp 550 ribu persiswa.

“Dalam pencairannya langsung diberikan seratus persen kepada siswa yang bersangkutan,” sambungnya.

Ditambahkan Jhonson, anggaran BSM bukan hanya sekedar diterima. Melainkan ada laporan pertanggung jawaban yang harus dibuat secara sistematis oleh pihak sekolah. Makanya, pada saat beasiswa tersebut diberikan ke siswa yang bersangkutan, diharapkan ada bukti serah terimanya. Kemudian penggunaan beasiswa pun harus tepat dan sesuai dengan sasaran. Nah, ini juga harus dibuktikan dengan kwitansi pembelian. Misalnya, membeli, alat perlengkapan sekolah, baju sekolah, dan sebagainya. “Diupayakan laporan pertanggung jawaban itu kita terima akhir Oktober ini. Karena selanjutnya akan dilakukan pencairan semester dua oleh pemerintah pusat,”pungkas Jhonson (02)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

    ARSIP BERITA