f-Saukani/Empat Lawang Pos
SELEKSI :
Peserta seleksi paskibraka Empat Lawang, sedang mengikuti uji pengetahuan bahasa inggris. Foto di abadikan, Selasa (11/5).

EMPAT LAWANG- Mempersiapkan perwakilan pasukan pengibaran bendera (Paskibra) Empat Lawang, yang nantinya akan mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Nasional di Provinsi Sumatera Selatan. Pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Empat Lawang melakukan seleksi terhadap sejumlah pemuda perwakilan dari segenap Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, untuk mengikuti seleksi paskibra kabupaten Empat Lawang. ”Sedikitnya 101 peserta yang mengikuti seleksi paskibra Empat Lawang, kegiatan ini kami lakukan selama tiga hari selanjutnya persiapan pelatihan untuk peserta yang terpilih,” ungkap Kabid Dispora Disdik Empat Lawang, Diswan, Selasa (11/5).

Dijelaskan Diswan, berdasarkan kebutuhan, dari 101 peserta yang diseleksi, hanya akan diambil sedikitnya 34 orang, termasuk persiapan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi Sumatera Selatan. Dalam artian dilakukan dua kali seleksi untuk yang ke provinsi, sisanya untuk persiapan paskibra pada pelaksanaan upacara HUT RI 17 Agustus 2010 mendatang di Kabupaten Empat Lawang. ”Sesuai kriterianya, peserta yang mengikuti seleksi ditentukan dari segi usia dan tinggi badan sesuai standarnya, diantaranya usia minimal 17 tahun dan tinggi harus diatas 170 centimeter untuk laki laki dan 165 centimeter untuk perempuan,” terang Diswan
Dikatakan Diswan, penilaian pada tahapan seleksi dilakukan oleh segenap alumni paskibra Empat Lawang, dibantu dari perwakilan TNI dan Kepolisian serta dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan TPI Empat Lawang. karenanya para peserta ditekankan unttuk meningkattkan kedisiplinan dan berlatih dengan baik. ”Penilaian tidak hanya dibidang tekhnis dan Peraturan Baris Berbaris (PBB), selain itu dilakukan penilaiann lainnya mengenai materi pendidikan dan pengetahuan umum. Terpenting pelajaran bahasa inggris, penguasaan materi sosial dan kebudayaan,” papar Diswan
Ditambahkan Diswan, sejumlah peserta merupakan perwakilan dari tujuh kecamatan di Empat Lawang, diambil dari perwakilan tiap sekolah SMA, SMK dan MAN. Saat ini mereka masih mengikuti tahapan pelatihan dan seleksi, kemungkinan hari ini, Rabu (12/5) sudah diumumkan para peserta yang terpilih. Terutama tujuh orang yang akan mengikuti seleksi di Provinsi, sebagai perwakilan Kabupaten Empat Lawang. ”Diharapkan dalam rangkaian seleksi dapat berjalan dengan baik , sehingga dapat diperoleh perwakilan yang tepat untuk tingkat provinsi. Selain itu para peserta lainnya kedepan tetap akan diberikan pelatihan lanjutan, sebagai paskibra pada pelaksanaan upacara HUT RI 17 Agustus 2010 mendatang. Sedangkan untuk yang belum berhasil hendaknya dapat bersabar, karenanya harus berlatih lagi agar kedepan dapat kesempatan untuk terpilih,” pungkas Diswan.(mg 01)

0 komentar

Posting Komentar

Image and video hosting by TinyPic

    ARSIP BERITA